Salah satu camilan favorit orang Indonesia yaitu pastel. Kulit yang tipis dan garing membalut isian yang basah pastinya sangat menggugah selera. Namun sulit sekali untuk membuat kulit pastel yang keto dan gluten free tetapi tidak hancur.

Bahan-bahan:

Bahan kulit (untuk 6)
100 gram tepung almond
25 gram tepung kelapa
1-2 sdt xanthan gum (lihat deskripsi)
1 sdt baking powder
2 sdm cuka apel (boleh cuka biasa tapi lebih enak cuka apel)
1 sdt penyedap rasa/garam
1 sachet diabetasol
25 gram butter/margarine
1 butir telur utuh + 1 putih telur
1 kuning telur untuk olesan

Bahan Filling
125 gram daging giling
1 sdt penyedap rasa
1 sdt lada hitam
Bumbu bebas untuk daging gilingnya
100 gram sosis/ham yang keto friendly (me : Kanzler)
1/4 bawang bombay
2 siung bawang putih
Sedikit margarine untuk menumis
1/2 balok keju

Langkah

– Di sini saya menggunakan adonan dengan 1 sdt xanthan gum. Saya sudah beberapa kali membuatnya jadi melipat kulitnya sudah bisa hati-hati. Disarankan untuk pertama kali latihan dulu menggunkan 2 sdt xanthan gum.

-Pertama masak dahulu filling untuk pie. Cincang dan tumis bawang bombay dan bawang putih dengan mentega, lalu masukkan daging giling serta bumbu dan masak hingga matang. Karena saya pakai sosis jadi sosis juga digoreng lalu potong dadu.

– Pertama campurkan tepung almond, tepung kelapa, baking powder, xanthan gum penyedap rasa, dan diabetasol lalu aduk merata. Tambahkan telur, cuka apel dan mentega lalu aduk sampai merata dengan spatula karet.

– Timbang adonan karena mungkin saja berat berbeda kalau telur berbeda dan bagi menjadi 6 bagian. Saya dapat 248gram berarti 1 bagian kurang lebih 30 gram. Gunakan 2 lapis cling wrap dan giling adonan menjadi tipis membentuk bulat. Semakin tipis adonan semakin banyak filling yang muat. Tetapi prosesnya akan semakin sulit.

Masukkan filling, saya 2 sdm daging giling dan 1 sdm sosis dan keju. Tutup perlahan menggunakan cling wrapnya. Hati-hati jangan sampai retak. Gunakan scraper untuk merapikan bagian pinggir pastel.

– Berikutnya cling wrap jangan dibuka dulu. Dengan garpu, buatlah corak dipinggir adonan untuk menutup nya. Saya sudah coba kalau tidak pakai cling wrap, adonan dapat terangkat oleh garpunya. Maka itu pastel dapat hancur. Lalu apabila kurang rapi, sebelum dibuka plastik nya rapikan lagi dengan scraper. Buka perlahan plastik nya dan pindahkan ke loyang yang sudah dialasi kertas anti lengket. Nyalakan oven pada suhu 180°C api atas dan bawah untuk pre-heat.

– Dapat dilihat saya ada yang hancur 1 karena kulitnya terbuka saat membuat corak. Beri olesan kuning telur dan panggang di rak tengah selama 25 menit sampai warna kuning telur mengkilap.

– Setelah matang diamkan di loyang sampai mengeras sekitar 30-60 menit. Lalu pastel panggang keto siap disajikan.  Jangan takut apabila sebelum matang adonan terasa sangat rapuh, setelah matang dia akan padat dan dapat diangkat menggunakan tangan seperti kalau makan pastel. Penyimpanan harus di kulkas dan bisa awet 1 minggu. Apabila ingin dimakan dapat dioven selama 5-10 menit sampai kulit garing lagi.

Resep keto ini dipersembahkan oleh: https://cookpad.com/id/pengguna/24790294


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.